Home » » Era Komputer PC di Makassar Berakhir

Era Komputer PC di Makassar Berakhir

Penjualan komputer jinjing (laptop) di Kota Makassar dan sekitarnya terus mengalami kenaikan sementara penjualan komputer desktop atau personal computer (PC) kini stagnan.

Demikian pemantauan Tribun di ajang Festival Komputer Indonesia (FKI) 2010 di Celebes Convention Center (CCC), Makassar, dan wawancara dengan sejumlah pengusaha komputer, Minggu (18/7).
FKI 2010 yang berakhir tadi malam mampu mencatat transaksi sekitar Rp 27 miliar. Sekitar 70 persen di antaranya disumbangkan dari penjualan notebook dan netbook.
"Daya beli masyarakat juga trennya bergeser. Permintaan pasar ke netbook murah makin tinggi dan diperkirakan pasaran notebook juga akan ditinggalkan sama dengan PC yang makin stagnan," ujar Project Manager Dyandra Promosindo, Mawardha Djamal, tadi malam.
Sementara sejumlah pedagang komputer juga mengakui penjualan PC desktop di Makassar sudah lesu dalam lima bulan terakhir.
"Kami tinggal melayani pemeliharaan desktop saja sementara untuk penjualan laptop pasarnya cukup bagus. Bahkan peminatnya tak hanya dari Makassar tapi juga dari daerah seperti Bone, Soppeng, Wajo, Kendari (Sultra), dan Ternate (Maluku Utara)," ujar Rahmat, pengusaha komputer yang mensuplai hingga ke Maluku.
Pengamat information technology (IT), Hidayat Nahwi Rasul, mengatakan, kemajuan teknologi telekomunikasi memaksa komputers dekstop PC sudah semakin dalam masuk ke jurang degradasi.

Sumber : Tribun Timur
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Please Coment my Blog

Comment Via Facebook

Download

Download youtube Video
 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011.
.:: IT HOME SOLUTION ::.
- All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger