Home » » Menjaga PC tetap sehat

Menjaga PC tetap sehat

PC yg kotor bukan hanya tdk enak dipandang tapi juga berpengaruh pada kerusakan. Meskipun PC kita berada di lingkungan yang sangat bersih cepat atau lambat akan berdebu, debu adl musuh utama PC. So, kita harus menjaga kebersihan terutama pada PC kita.

Bersihkan Eksterior
Eksterior casing PC dapat dibersihkan dengan vacum cleaner kalo ndk punya, ya pakai kuas juga oke. Selain itu lubang ventilasi CPU, dan port-port USB dsb juga dibersihkan dari debu. Sedikit info, banyak ahli juga menyarankan agar tdk meletakkan PC di dekat lantai atau malah pada lantai, karena disitulah biasanya debu berada.

Bersihkan Layar Monitor
Gunakan cairan pembersih untuk membersihkan permukaan layar, gunakan kain yg diberi cairan pembersih untuk membersihkannya. Jika monitor yg digunakan LCD gunakan produk yg didesain utk itu, jgn gunakan air & sejenisnya!! Jgn menekan layar terlalu kuat..!!!

Bersihkan CD/DVD drive
Hal ini memang cukup sulit, tapi ada tool / disc tertentu yg bisa digunakan untuk membersihkan drive CD/DVD.

Merawat Harddisk
Jika dicek, harddisk berisi ratusan ribu file, namun sebagian besar dari ratusan ribu file itu adl temporary file, atau back-up & sejenisnya. file-file tsb hanya mengotori harddisk, memakan tempat, & bisa menurunkan performa harddisk, so hrs dibuang scr teratur. Hal itu bisa diatasi dengan windows disk cleanup yg sdh ada pd PC yg ber-OS windows. ( XP, VISta, 7 ), atau menggunakan freeware sperti CCleaner.
Setelah dibersihkan, harddisk hrs di-defragmentasi untuk menjaga susunan file. Beberapa software yg bisa digunakan yaitu Disk Defragmenter yg sdh ada pd PC, Tune-up Drive defrag, dll.

Update Sistem Operasi, Driver, & Firmware
Untuk update dibutuhkan koneksi internet yang kecepatannya cukup baik/cepat, namun ada pula update offline namun dlm kenyataannya hrs didownload dahulu. Untuk windows memang diperlukan update online.
Info: Update berarti memperbaharui sistem atau aplikasi agar performa bertambah bagus dan selalu baru.
Source: PCMedia

sumber : It's Blog
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Please Coment my Blog

Comment Via Facebook

Download

Download youtube Video
 
Support : Creating Website | Johny Template | Maskolis | Johny Portal | Johny Magazine | Johny News | Johny Demosite
Copyright © 2011.
.:: IT HOME SOLUTION ::.
- All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website Inspired Wordpress Hack
Proudly powered by Blogger